rss
email
twitter
facebook

Tuesday, March 30, 2010

[Delphi]-Oracle database connection

Kali ini akan kita bahas tentang koneksi Delphi ke suatu database, kebetulan kita menggunakan oracle.

Ada bermacam cara untuk membangun koneksi Delphi ke database oracle. Bisa menggunakan ADO Component yang secara default terinstal pada saat set up Delphi dan ada juga yang menggunakan komponen tambahan yang instalasinya terpisah yaitu komponen ODAC (Oracle Data Access Component), dan mungkin masih ada yang lainnya.

- ADO Component

Ada 2 cara apabila menggunakan ADO Component, yaitu menggunakan Data Source Name (1) atau menggunakan Connection String (2). Buka Control Panel > Administrative Tools > Data Source (ODBC).

(1) Pada tab User DSN klik Add pilih Microsoft ODBC for Oracle. Masukkan Data Source Name, Description, User Name, dan Server.

(2) Pada tab File DSN klik Add pilih Microsoft ODBC for Oracle. Next. Browse (letakkan file DSN dimanapun). Finish.

Sekarang tinggal set di Delphi. Tambahkan komponen ADOConnection kemudian double-klick. Pilih Use Connection String.

(1) Pilih Use Data Source Name dan pilih data source yang telah dibuat tadi. Masukkan Username dan Password, check Allow saving password. Klik tombol Test Connection.

(2) Pilih Use connection string. Klik tombol Build. Pilih file DSN yang telah dibuat pada direktori yang anda tentukan tadi. OK. Masukkan User Name, Password, dan Server. OK. Klick tonbil Test Connection.

- ODAC (Oracle Data Access Component)

Jika pada Delphi belum ada, bisa di download di sini. Kemudian install. Otomatis akan bertambah 1 komponen pada Component Pallete yaitu Oracle Access. Tambahkan komponen OraSession double-klick. Masukkan Username, Password, Server, dan Home (pilih Default saja). Connect. Atau bisa juga pada Properties OraSession langsung diisi TNS name pada folder oracle terinstal.

Koneksi sudah dibangun tinggal kita memanipulasi data menggukan SQL query. (1) Tambahkan komponen ADOQuery, sedangkan (2) komponen OraQuery.

Berikut sedikit contoh menggunakan ODAC :

Sebelunya pilih Session pada properties komponen OraQuery1 yaitu OraSession1.

dlp

Selesai.

1 comments:

adinda putri said...

kalo mau download itu harus download yg mn ya?

Post a Comment

Your Ad Here